Kamis, 01 November 2012

wisuda ke-17


WISUDA KE-17 UNIMUS TAHUN 2012


Sumber : http://unimus.ac.id/file/wisuda17_topview.JPG


Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) pada hari Rabu tanggal 31 Oktober 2012 atau bertepatan dengan tanggal 15 Dzulhijjah 1433 H diadakan Wisuda Ke-17 tahun 2012 di Convention Hall Masjid Agung Jawa Tengah, Jl. Gajah Raya Semarang.
Wisuda kali ini diikuti oleh 604 peserta dengan rincian sebagai berikut: Profesi Ners sebanyak 109 orang, Sarjana sebanyak 223 orang, Diploma IV sebanyak 5 orang dan Diploma III sebanyak 267 orang. Tampil sebagai Wisudawan terbaik  dari masing-masing Program studi adalah sebagai berikut:


wisudawan terbaik

Jika Masa studi (MS), indeks prestasi (IP), dan masa tunggu (MT) mendapatkan pekerjaan pertama, dijadikan indikator utama mutu lulusan perguruan tinggi, maka gambaran lulusan UNIMUS yang diwisuda saat ini adalah sebagai berikut. Masa studi dihitung sejak seseorang terdaftar sebagai mahasiswa hingga dinyatakan lulus, dikurangi cuti. Indikator ini mencerminkan kinerja lulusan dari segi waktu. Indeks prestasi komulatif (IPK) merupakan rerata dari indeks prestasi tiap semester. Hal ini mencerminkan kinerja dari segi hasil belajar. Masa tunggu mendapatkan pekerjaan pertama dihitung sejak tanggal lulus hingga tanggal dinyatakan diterima bekerja di suatu instansi, badan usaha, atau pemberi kerja lainnya. Indikator ini mencerminkan daya serap lulusan di pasar kerja.

Gambaran masa studi pada lulusan UNIMUS tahun ini menunjukkan performa yang sangat baik. Rerata MS lulusan dari program reguler adalah 45,72 bulan dengan kisaran 35 – 56 bulan. Khusus program S1 reguler, rerata MS  45,78 bulan dengan kisaran 40 – 56 bulan. Sebanyak 81,9% lulus dalam waktu kurang dari 4 tahun. Program D-III, sebanyak 83,5% lulusan dalam waktu kurangdari 3 tahun, dengan kisaran 34 – 47 bulan dan rerata 35,28 bulan. MS lulusan D3 Analis Kesehatan jalur khusus berkisar antara 21 – 23 bulan, dengan rerata 22,08 bulan (kurangdari 2 tahun), sedangkan untuk profesi Ners berkisar antara 12 – 34 bulan, dengan rerata 12,22 bulan (98,2% lulus dalam waktu 1 tahun 1 bulan). Data ini menunjukkan bahwa proses pendidikan dapat berjalan lancar dan efektif seiring dengan perjalanan waktu. Mahasiswa tidak terhambat dalam penyelesaian studi dan lulus tepat waktu.

IP lulusan secara umum menunjukkan predikat sangat memuaskan, dengan kisaran 2,60 – 3,68 dan rerata 3,14. Persentase IP 3,5 (cumlaude) mencapai 3,8%, sedangkan < 2,75 hanya 1,5%. Rerata IP lulusan program S1, D4, D3 dan profesi berturut-turut adalah 3.09, 3.31, 3.10, dan 3.29. Data ini menunjukkan bahwa selama proses pendidikan, mahasiswa dapat menyerap dan menguasai materi pembelajaran, serta dapat mencapai kompetensi dengan baik.
Jumlah lulusan yang diterima bekerja sebelum wisuda adalah gambaran masa tunggu lulusan yang sangat baik. Pada tahun ini, terdapat beberapa wisudawan reguler yang telah diterima bekerja sebelum wisuda dan tersebar dari berbagai program studi. Menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), MT yang baik adalah < 6 bulan sejak lulus. Data MT lulusan UNIMUS tahun-tahun sebelumnya yang dapat dilacak melalui program penelusuran alumni (tracer study untuk mahasiswa yang lulus 2 tahun lalu adalah sebagai berikut 87,03% telah mendapatkan pekerjaan, 60,02% bekerja sesuai dengan bidang ilmunya, 27,01% sudah bekerja namun tidak sesuai bidang ilmunya dan 12,97% keberadaannya tidak terdeteksi karena pindah domisili, tidak bersedia mengisi angket atau karena factor yang lain. Sementara dari segi waktu masa tunggu memperoleh pekerjaan pertama, diperoleh data bahwa 13,5% memperoleh pekerjaan dalam waktu kurang dari satu tahun dan 86,5% memperoleh pekerjaan antara 1 s/d 2 tahun. Khusus lulusan program studi D3 Analis Kesehatan, 3 bulan setelah wisuda lulusan terserap 100% di institusi kesehatan yang membutuhkan sesuai bidaang keahliannya.
Dengan progres yang jelas, UNIMUS terus berupaya meningkatkan mutu akademik dan non akademik. Wujud nyata upaya ini adalah seluruh program studi yang ada telah menerapkan sistem penjaminan mutu akademik dan terakreditasi oleh BAN PT. Tidak berhenti disini, upaya memperbaiki performa mutu dan peringlat akreditasi terus dilakukan. Disamping itu, untuk menjamin mutu pendidikan dan memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa, UNIMUS telah merintis kerjasama dengan 10 perguruan tinggi di negara-negara Asia Pasifik dan Timur Tengah sebagai perluasan dari kerjasama dalam negeri yang sudah lama dibangun
Sebelumnya, pada tanggal 19 sampai dengan 23 Oktober 2012 para wisudawan/wati telah mendapatkan pelatihan Baitul Arqom  Purna Study (BAPS) yang diperuntukkan bagi calon peserta wisuda yang beragama Islam untuk mengembangkan kepribadian dan sikap yang profesional dalam mengamalkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki dengan landasan nilai-nilai Islami.
Informasi lebih lanjut hubungi bagian Kehumasan UNIMUS, telpon (024)76740293, 081 2251 2337 atas nama Sukojo, SS.

sumber : admisi unimus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nama :
email :

 
UKM Komunikasi UNIMUS © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here