Senin, 08 Oktober 2012

Kemah Bakti Mahasiswa 2012



“Berkarya dan Bersosialisasi untuk Bumi Pertiwi”


KBM, atau biasa dibilang Kemah Bakti Mahasiswa adalah acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Muhammadiyah Semarang. Acara ini merupakan rangkaian dari acara ORASI tetapi beda kepanitiaan. Maksud dan tujuan KBM sendiri yaitu, mengajak mahasiswa baru untuk bisa mengerti keadaan masyarakat khususnya di Semarang ini bahwa tidak semua manusia diciptakan rata dalam hal ekonomi nya. Pada tahun ini, KBM dilaksanakan di desa Leyangan, Ungaran Kab. Semarang sesuai yang direkomendasikan oleh Wakil Rektor 3 UNIMUS.
Acara ini mendapat apresiasi khusus oleh Bapak Lurah setempat. Kenapa? Karna biasanya, mahasiswa itu hanya melakukan bakti masyarakat pada acara KKN saja. Di UNIMUS, mahasiswa baru juga dituntut untuk bakti kepada masyarakat sejak pertama kali menginjak kan kakinya di kampus. Maulana heri, selaku ketua panitia juga sependapat dengan beliau. Perlu diketahui, yang menjadi peserta dalam acara ini sebanyak 600 mahasiswa dari berbagai Fakultas yang ada di UNIMUS.


Hari Pertama
Sabtu , 6 Oktober 2012 para panitia dan peserta resmi dilepas oleh Bapak Joko Setyo selaku Wakil Rektor III dengan menggunting pita yang telah disiapkan oleh panitia. Para peserta diangkut oleh 8 buah truck milik Brimob dan 2 bus tanggung yang disewa panitia serta 1 bus milik UNIMUS. Sesampainya di TKP, telah siap beberapa perangkat desa. Tidak hanya itu, acara ini terasa lebih spesial karena Wakil Bupati Kab. Semarang juga turut memenuhi kursi tamu undangan yang telah disiapkan oleh panitia. Peserta dan panitia pun resmi disambu oleh aparatur desa setempat.
Tepat pukul 15.30 setelah para peserta istirahat, peserta kembali dikumpulkan untuk diberi materi lingkungan. Kebetulan yang memberi adalah dari Bapak Lurah sendiri. “Sebelum masuk ke materi, mari kita beri tepuk tangan kepada para panitia yang telah rela meluangkan waktunya untuk membuat acara kemah bakti mahasiswa ini. Oplok...oplok....oplok..” canda pak lurah sesaat sebelum materi lingkungan dibuka.
Pada malam hari, peserta kembali dikumpulkan untuk penyalaan api unggun yang dipandu oleh Abdul Wahid dan Muhammad Cholies selaku seksi acara. Disini peran Bapak Asmadi selaku lurah kembali patut diacungi jempol. Beliau menyalakan api unggun lalu memandu para peserta menyanyikan lagu api unggun dengan bersama. “acara ngene iki aku wes biasa mas, lha wong nom – nomanku dolanan ku yo pramuka” tutur Pak lurah dengan bangga. Suasana semakin hangat ketika para peserta menunjukan kebolehannya. Salah satu yang menarik adalah,ketika para calon bidan melakukan paduan suara menyanyikan lagu khusus untuk panitia. Salut karena disini bidan hanya dihuni oleh para wanita.


Hari Kedua
Minggu, 7 Oktober 2012 peserta yang dipimpin oleh panitia seksi acara melakukan senam pagi hari. Senam yang dilakukan cukup menarik karena diselipi dengan joget gangnam style. Setelah senam para peserta melakukan makan bersama dan diteruskan acara  bakti masyarakat. Sebanyak 500 mahasiswa dibagi kepada 4 tempat. Ada yang membantu bersih – bersih di Panti Asuhan Muhammadiyah, ada yang membantu kawan – kawan dari kedokteran untuk pengobatan masal, ada yang membantu mebersihkan kawasan mushola setempat dan ada juga yang membantu panitia untuk membagikan sembako kepada warga setempat. Seluruh peserta sangat antusias melakukan bakti masyarakat ini.
Semua rangkaian acara ini ditutup dengan Outbond yang dipandu oleh MAPALA Himalaya UNIMUS. Outbond ini dilakukan agar para peserta akrab satu sama lainnya serta melatih kekompakan masing-masing tim.
Tepat pukul 14.00, acara ditutup dengan resmi oleh Pak Lurah dan juga pemberiaan kenang-kenangan berupa plakat kepada perangkat desa dan bibit tanaman kepada kepolisian secara simbolis. Penutupan pun berakhir, seluruh mahasiswa baik panitia maupun peserta dipulangkan ke habitat aslinya guna mempersiapkan kuliah di keesokan harinya. (ARI/UKM KOMUNIKASI UNIMUS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nama :
email :

 
UKM Komunikasi UNIMUS © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here